Jumat, 15 April 2011

Tips & Trik: Mempercantik Blog Kamu

Saya sudah beberapa tahun bergabung dengan keluarga blogspot. Selama itu pengalaman dan pengetahuan tentang dunia blogging sedikit demi sedikit bertambah. Mulai dari cara mendaftar, cara posting, mengedit halaman blog, menambah gadget untuk mempercantik blog dan baru-baru ini mulai belajar tentang feed blog untuk menambah trafik kunjungan blog saya.
Jika ingin membuat blog, sekarang blogger sudah menyediakan layanan yang cukup mudah diikuti oleh orang awam.

Cara daftar blog
1. Buat email. Email kamu bisa dari yahoo atau gmail. kebetulan dulu email untuk mendaftar yang saya pakai yahoo.
2. Masuk ke website blogger. yakni www.blogger.com
3. klik tulisan sign in, lalu ikuti langkah selanjutnya. Tenang saja cukup mudah kok...

Nama Blog
Nama blog adalah identitas blog kamu. Sebaiknya gunakan nama yang unik dan menunjukkan isi konten dari tulisan-tulisan kamu seterusnya. Blogger akan meramukan alamat yang sesuai dengan nama blog kamu. jadi, nama blogmu bisa menjadi alamat blog kamu juga. Blog yang sukses biasanya memfokuskan isi blog mereka pada satu bidang saja. misal blog berbagi musik, resensi film, pengetahuan, blog cerita pribadi, dll.

Tema Blog
Agar blog terlihat menarik, kita bisa mengutak-atik tampilan blog kita dengan menggunakan fasilitas RANCANGAN. Tidak suka dengan tema yang disediakan blogger?! kamu bisa mengganti tema blog dengan cara mendownload tema blog yang dibuat oleh orang lain. Paling mudah lewat mbah googling ketik keyword tema blogger atau template blogger. Ada banyak website yang menyediakan tema blog gratis di internet, pilih dan trus download tema yang kamu sukai. Tapi ingat pilih tema yang untuk blogger.

Menambahkan Widget (Aksesoris)
Widget merupakan fasilitas tambahan untuk mendukung tampilan blog kita. Blogger sendiri sudah menyediakan berbagai widget dasar untuk kita manfaatkan. Cara menambahkan widget sendiri sangat mudah. Langkah-langkahnya ;
- Pada dashboard, klik tab Rancangan lalu pilih Elemen Laman. disitu klik link add gadget (Tambah Gadget). maka akan muncul windows baru yang menyediakan berbagai gadget yang disediakan blogger. pada blog ini saya menggunakan beberapa jenis gadget yakni :
  1. Statistik Blog : Untuk menampilkan statistik blog serta mengetahui jumlah pengunjung blog kita
  2. Pengikut : untuk menampilan orang-orang yang mengikuti / subscribe blog kita. tampilannya terlihat foto-foto kecil dari orang itu.
  3. HTML/Java script : Menambahkan elemen halaman lain (berupa script) yang bisa kita dapatkan dari web lain. contoh di blog ini aku pakai buat nambah gambar cewek berkrudung di pojok, feedburner
  4. Polling : buat polling dalam blog kita
  5. Profil : Menampilkan profil kita
  6. Arsip Blog (Blog Archive)
  7. Header Halaman : menampilkan judul blog kita
  8. Entri Populer : menampilkan cuplikan postingan kita yang sering dilihat
  9. Label : menampilkan label posting kita
  10. Lainnya? cari ndiri deh. bisa tanya ke mbah google kok
Gag ada kata terlambat buat belajar...

0 komentar:

Posting Komentar

Hello Kawan!
Terima kasih atas kunjungannya ke halaman ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kawan semua.
Sebagai bentuk apresiasi, anda dapat meninggalkan komentar, saran atau pertanyaan
Terima kasih...