Rabu, 13 April 2011

Pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) secara Fermentasi

Alat dan Bahan :

Bahan :

Kelapa tua 1 butir

Air matang 600 mL

Ragi tape 2 gram

Skim 450 mL

Air kelapa 50 mL

Alat :

Pipet tetes 2 buah

Gelas 2 buah

Saringan santan 1 buah

Kertas saring secukupnya

Botol aqua (untuk pemisahan) 3 botol

Corong 1 buah

Baskom 1 buah

LANGKAH KERJA :

1. Pembuatan santan

- Parutan kelapa tua 1 butir + air matang 600 mL

2. Pemisahan

- Santan diamkan 2 jam sampai terbentuk 3 lapisan (krim, skim, air)

- Ambil krim untuk VCO dan ambil skim untuk stater

3. Pembuatan stater ragi

- Skim kelapa + air kelapa (9:1)

- Tambahkan ragi tape 2 gram, diaduk sampai homogen, diamkan 12 jam

4. Pembuatan VCO

- Krim yang diperoleh dicampur dengan stater ragi (20 % dari jumlah krim), aduk sampai homogen

- Diamkan 8-10 jam hingga terbentuk 3 lapisan (bagian atas VCO, tengah blondo, bawah air)

- Stoples/botol ditutup agar tidak terkontaminasi.

5. Penyaringan

- Minyak/VCO disaring dengan zeolit untuk menyerap bau dan mengurangi kadar air atau menggunakan kain kasa halus

- VCO dikemas dalam botol kaca bersih dan steril

HASIL PENGAMATAN

1. Pembuatan santan

- Kelapa parut 1 butir + volume air 600 mL

2. Pemisahan

- Krim 240 mL

- Skim 300 mL

- Air 60 mL

3. Pembuatan stater ragi

- Skim 450 mL + air kelapa 50 mL

- Penambahan ragi 2 gram

- Lama fermentasi 12 jam

4. Pembuatan VCO (Tidak Berhasil)

- Krim 240 mL + stater ragi 20% ( 48 mL)

- Lama fermentasi >50 jam

- Hasil akhir : Blondo + air

- Penyaringan, VCO …. mL, warna…, aroma…,rasa…..

2 komentar:

  1. Maaf...
    Menurut saya cara itu memakan waktu terlalu lama dan agak ribet. :P
    Saya sudah berhasil membuat VCO dengan proses dingin. Santan kental diaduk dengan mixer kecepatan tinggi 30 menit. Diamkan. Hanya dalam 5 jam air, minyak dan blondo sudah terpisah. Pisahkan minyaknya, saring 3x dengan saringan the yang dilapisi tisu. VCO ini insya Allah mengandung lebih dari 25% asam laurat kalo kelapanya pilihan. yang sudah ada butulnya sedikit. Blondonya bisa dibuat minyak goreng dengan proses pemanasan. Blondo ampasnya juga uenak tenan. (banyak proteinnya pula)
    Alhamdulillah hasilnya sebening aqua dan wanginya khas. Oya, mampir juga ya ke blog saya. www.easy-multycourse.blogspot.com Saya siap menceritakan pengalaman saya dalam pembuatan VCO.
    Buat yang mau coba VCO olahan saya, cukup mengganti ongkos produksi yaitu Rp.50.000/liter
    Insya Allah asam lauratnya lebih dari 25%. Lebih dari standar internasional khan?
    kontak aja. my number: 08777 2888 300

    BalasHapus
  2. Saya juga membuat sabun mandi dengan bahan: VCO, Palm Oil, NaOH, papaya, Olive Oil (minyak zaitun), Milk, Fragrance. Saya Jual Rp.3000/batang. Laris manis lhooo.
    Selain VCO, pepaya juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit, karena membantu dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang mencegah terjadinya penuaan dini, keriput dan masalah kulit lainnya. Pepaya tidak hanya membuat kulit tampak cerah dan sehat karena mengelupaskan sel kulit mati, tapi juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, membuat kulit halus, mulus, dan kenyal. Begitu juga susu dan minyak zaitun.
    Lengkap khan sabun saya?
    berminat? kontak saya di 08777 2888 300
    Terimakasih

    BalasHapus

Hello Kawan!
Terima kasih atas kunjungannya ke halaman ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kawan semua.
Sebagai bentuk apresiasi, anda dapat meninggalkan komentar, saran atau pertanyaan
Terima kasih...