Sabtu, 03 Desember 2011

Warna Api Menandakan Karakter Panasnya

Mengapa orang sekarang lebih suka menggunakan kompor yang menghasilkan api warna biru daripada yang berwarna kuning kemerahan? Jawabnya, karena api biru menghasilkan energi panas lebih baik daripada api merah. Sebagaimana urutan pada spektrum warna
Coklat - Merah - Jingga - Kuning - Hijau - Biru - Ungu - AbuAbu - Putih
Urutan ini menandakan urutan pancaran panjang gelombang dan energi yang dihantarkan. Semakin ke kiri panjang gelombangnya semakin panjang namun energi yang dihantarkan semakin kecil. Sehingga kalau energi tersebut berubah menjadi energi panas, api putih lebih panas daripada api merah.
  • Api berwarna merah/kuning ini biasanya bersuhu dibawah 1000 derajat celcius. Api jenis ini termasuk api yang "kurang panas" karenanya jarang atau kurang sering digunakan di pabrik industri baja/material. Api inilah yang kita gunakan sehari-hari dalam jumlah kecil, akibat pembakaran bahan yang mengandung unsur karbon rantai panjang seperti kayu dan lilin. Pembakaran yang dilakukan tidak sempurna, sehingga menyisakan karbon dalam bentuk asap, arang dan jelaga. Pada matahari, api ini berada pada bagian paling luar, bagian yang paling dingin dari matahari.
  • Api berwarna biru sering kita lihat di kompor gas. Rata-rata suhu api yang berwarna biru kurang dari 2000 derajat celcius. Api ini berbahan bakar gas dan mengalami pembakaran sempurna. Jadi tingkatan api biru diatas merah.
  • Api Putih  merupakan api paling panas yang ada di bumi. Warna putihnya itu dikarenakan suhunya melebihi 2000 derajat celcius. Api ini berada di dalam inti matahari dan muncul akibat reaksi fusi oleh matahari. Api ini banyak digunakan di pabrik yang memproduksi material besi dan sejenisnya. 




Warna dari api juga bisa dibuat dengan sengaja misal pada pembuatan kembang api, yakni dengan menambahkan bahan khusus untuk membuat warna api diantaranya :
1. Red Strontium Chloride = api merah
2. Orange Calcium Chloride = api oranye
3. Yellow Sodium Chloride = api kuning
4. Green Copper Sulfate = api hijau
5. Blue Copper Chloride = api biru
6. Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate = api ungu
7. White Magnesium Sulfate = api putih


sumber :
http://ihsan-magazine.blogspot.com/2011/04/berbagai-macam-api-dan-reviewnya-juga.html

5 komentar:

  1. ya, terimakasih atas informasinya tentang api, saya benar-benar mendapat informasi baru dari blog Anda.saya dulu berfikiran api cuma ada api merah dan biru tapi ternyata ada yg putih, ungu, dan abu-abu. Api yang sangat panas adalah api hitam, api hitam adanya di dalam neraka jahannam, Ini terbukti dari waktu Allah SWT menyuruh malaikat ngambil api dari neraka buat kehidupan di bumi, si penjaga neraka ngasih api dari neraka cuma seukuran semut gan tapi didinginkan dulu sampe 70 masa ( sekitar 350rb tahun kalo di bumi ) terus perlahan api itu berubah warna dari Hitam ke Putih ke Biru ke Merah/Kuning.

    Menurut Al-qur'an dijelaskan bahwa jenis api 70 kali lipat lebih panas dari yang ada dibumi.

    Sumber: http://id.shvoong.com/society-and-news/opinion/. semoga dapat menjadi renungan untuk kita, bahwa sesungguhnya di dalam neraka sangat panas kawan, masihkah kita menggunakan waktu yang ada di dunia ini sebagai lahan bercocok tanam kebaikan namun kita gunakan untuk kemaksiatan???

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum......... Wr.Wb

    Wah menarik sekali tuh mbak artikelnya apalagi tentang api yang berwarna-warni, kayak pelangi aja. Artikel ini dapat menambah wawasan saya tentang warna api yang semula saya ketahui hanyalah 3 warna, yakni : merah, kuning, dan biru, ternyata pada kenyataannya api bernekaragam warnanya.

    Kalau melihat dari komentar yang sebelumnya dari Mbak Riris Eka tentang api neraka yang sangatlah panas.... Hmmmmmm.............. jadi takut yang mau nglakuin dosa......... dan ini dapat menjadi renungan bagi saya dan seluruh umat di dunia bahwa sanya memanglah seharusnya kita hidup didunia ini banyak-banyaklah berbuat kebaikan dan tidak melakukan banyak kemaksiatan.

    Terimakasih ya mbak Ina, artikelnya bagus........ Lanjutkan dengan artikel-artikel yang lebih bagus.......
    dan untuk mbak Riris, terimakasih ya sudah mengingatkan...........

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  3. hallo semua. .... isi blognya bagus, soalnya aku baru taw karakterustik api dilihat dari warnanya. untuk yang api warna merah, biru, dan putih tadi kan saya udah baca kelebihannya dan penggunaannya di dunia ini. tetapi untuk yang api2 berwarna hijau dan lainnya itu kalau boleh minta penjelasannya. perannya untuk apa.
    untuk komen e riris... aku juga baru tau itu. ya bisa dijadikan pengetahuan dan sebagai suport biar kita benar2 menjaga diri agar tidak melakukan keburukan yang akhirnya bisa dibakar oleh api hitam
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh gampangnya ya buat dijadiin kembang api

      Hapus
  4. yang menarik adalah api hitam di alquran digambark bahan bakarnya adalah batu dan di film naruto di gambarkan dapat membakar batu, mungkinakh kedua hal ini berhubungan

    BalasHapus

Hello Kawan!
Terima kasih atas kunjungannya ke halaman ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kawan semua.
Sebagai bentuk apresiasi, anda dapat meninggalkan komentar, saran atau pertanyaan
Terima kasih...