Rabu, 30 November 2011

Posisi Tidur Menentukan Kecerdasan

Sudah lama ga posting, kaget juga ketika mengintip blog ini semenjak si Wayang sakit (lepiku). Dan Wow... suprise juga melihat peringkat alexa rank situs ini melorot dari angka 12ribuan naik jadi 24ribuan. Akibat dah jarang diurus, jadinya postingannya jadul semua. Trus daripada iseng, coba update posting terbaru sekalian blogwalking sana sini. dan akhirnya nemu nih artikel bagus dari blog tetangga Eksplorasi Dunia. Bukannya mau CoPas, cuma pengen share pengetahuan saja. Ini nih artikel sipnya...


Udah pada tidur belum? Manusia normal yang berada di atas bumi pasti melakukan aktifitas ini, meskipun cuma 1 jam tiap hari. Jaman dahulu kala orang tidur memakai bantal kayu atau batu atau bahkan tidak memakai bantal. Sekarang aja enak, orang tidur pakai yang 'empuk-empuk.
 
Kebiasaan tidur dengan bantal kayu atau batu, menyebabkan orang-orang dahulu bisa bangun dengan segar bugar, karena tubuh mereka bisa beristirahat total saat tidur. berbeda dengan mereka yang tidur di atas kasur empuk, tubuh mereka tidak bisa istirahat dengan total, kenapa ya? karena saling menekan dengan alas tidurnya.

Posisi tidur yang benar
adalah tubuh miring ke kanan dengan kaki bagian atas di tekuk, dan tangan kiri sebagai bantal. Tidur dengan posisi ini bermanfaat agar mengalirkan darah ke otak dengan sempurna, karena posisi kepala lebih rendah dari jantung. Posisi tidur yang membuat bodoh adalah : terlentang, tengkurap, dan kaki mengangkang. Posisi ini diibaratkan sebagai cara tidurnya binatang, karena aliran darah tidak lancar, perut dan dada tertekan, juga aliran darah ke otak juga terhambat.



Saat tidur yang baik
adalah jam 20.00 WIB - 01.00 Pagi. Selanjutnya 01.00-04.00 digunakan untuk belajar, pukul 04.00 - 06.00 untuk olahraga, dan seterusnya...

Saat tidur yang tidak baik
adalah pukul 06.30 WIB setelah matahari terbit, pada tengah hari pukul 11.30 - 12.00 WIB dan pukul 17.30 WIB saat matahari tenggelam. Tidur pada saat tersebut akan mengakibatkan seseorang linglung dan separuh kesadarannya hilang, diakibatkan oleh keseimbangan alam yang pada waktu-waktu tersebut harus berada pada kondisi sadar.



Tidur yang baik
berada dalam keadaan atau ruang yang gelap, terhindar dari cahaya yang menyengat dan silau. Rangsang cahaya yang terlalu banyak, menyebabkan otak tidak optimal dalam melakukan defragmentasi data-data yang terekam sebelum tidur, hal ini akan berdampak kepada daya ingat pada jangka waktu yang lama. 

Jadi inget anjuran Rasulullah nie yang mensunnahkan untuk tidur miring menghadap ke kanan. Ternyata Islam memang peduli terhadap kesehatan dan tidak ada sesuatu perintah atau ajaran dalam Islam yang sia-sia tiada guna. Alhamdulillah...

Semoga Bermanfaat, 

7 komentar:

  1. nice info...
    saran sedikit ya sobat...
    kalo bisa widget-widget yg gk berguna enakan di apus aja biar loading speed nya agak cepet...
    salam blogger..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya terima kasih sarannya gan. guna perbaikan blog ini.
      menurut agan, kira2 bagian widget mana ya yg ngebikin berat sehingga perlu ditiadakan?

      Hapus
  2. postingan yang bermanfaat mbak...
    berarti pola tidur saya salah,dan saya baru mengetahinya setelah saya membaca postingan ini..
    terimaksih infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya... syukurlah jika ada manfaatnya. ^_^

      Hapus
  3. waaaww. . . postingannya sangat bagus dan bermanfaat.
    saya baru tahu kalau pada waktu tidur sebaiknya dalam kondisi gelap. dan saya baru tahu efeknya jika tidur dlm kondisi ruangan yg bercahaya. hmmm. . skrg spertinya mikir-mikir ini kalau mau tidur. lampunya tetap dalam kondisi menyala atau dimatikan?
    karna tidak terbiasa dan tidak suka kalau lampu dimatikan. hehee
    makasii mbak, buat infonya. saya suka.saya suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhm... kalo takut gelap bisa diganti bando penutup mata, sehingga mata bisa istirahat full saat tidur. tapi mending lampu dimatiin saja, lebih aman dan hemat energi. hehehee

      Hapus
  4. Menurut dosen kuliah saya, jadwal tidur itu tidak harus seperti di atas, itu tegantung dari penyesuaian tubuh. apabila tubuh biasa tidur pukul 6 pagi maka organ dalam tubuh akan menyesuaikan aktivitasnya sendiri.

    BalasHapus

Hello Kawan!
Terima kasih atas kunjungannya ke halaman ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kawan semua.
Sebagai bentuk apresiasi, anda dapat meninggalkan komentar, saran atau pertanyaan
Terima kasih...