Sabtu, 03 Desember 2011

Kantor Dekanat FMIPA dan PSMS Unesa Ludes Terbakar

Gedung FMIPA Unesa dilahap habis Si Jago Merah
Berita duka untuk warga FMIPA Unesa, Sabtu dini hari (3/12/2011) kantor Dekanat FMIPA dan PSMS Unesa ludes terbakar. Sebagaimana diberitakan surabaya.detik.com Kebakaran diduga mulai muncul sekitar pukul 01.30 WIB dari ruangan Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) Unesa di lantai dua dan merebak ke ruang-ruang lainnya.
Arie Bekti Kasie Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kebakaran Pemkot Surabaya pada SuaraSurabaya.net, Sabtu (3/12/2011) menjelaskan, kebakaran yang terjadi pukul 01.30 dini hari tadi, baru bisa dipadamkan pukul 02.30 WIB. Pemadaman butuh waktu cukup lama, karena saluran air di daerah itu dangkal, sehingga PMK kesulitan memperoleh air.

Selain itu Nusri Farouch Kepala Dinas PMK Surabaya mengatakan, gedung itu sedang dalam perbaikan, sehingga banyak material bangunan di sekitar lokasi. 15 mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Usaha pemadaman dan pembasahan sendiri membutuhkan waktu 4 jam-an. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun dokumen-dokumen keilmuan dan kemahasiswaan terbakar tanpa sisa. Jumlah kerugian yang diderita belum dapat dipastikan. Saat ini, gedung dekanat FMIPA Unesa tinggal puing-puing saja. Polisi sudah memasang policeline untuk mengamankan TKP guna penyelidikan tim laboratorium forensik mencari sumber kebakaran hebat tersebut.

Bayangkan bagaimana perasaan Prof. M. Nur selaku pimpinan PSMS mengetahui buku-buku dan arsip pendidikan miliknya hangus. Juga dokumen-dokumen kemahasiswaan yang ada di ruang dekan, akankah staf pegawai fakultas MIPA mampu bangkit untuk menata ulang dokumen yang hilang. Sungguh kejadian ini merupakan ujian besar bagi warga FMIPA Unesa. 

Sebagai warga FMIPA, tentunya kejadian ini sangat mengagetkan bagi saya. Baru kemarin sore, saya melewati gedung PSMS yang tempatnya tepat depan gedung C12 tempat kuliahku sehari-hari. Sekarang tinggal puing-puingnya saja. Mungkin untuk sementara waktu, aktivitas perkuliahan di FMIPA akan sedikit terpengaruh. Tidak ada lagi lalu lalang mahasiswa ataupun alumnus FMIPA yang biasa terlihat sibuk mengurus administrasi dan legalisir ijazah. Adalah PR bagi Prof. Dr. Suyono, dekan FMIPA Unesa beserta staf untuk segera mengatasi problema akibat kebakaran ini. 

Bertambah lagi tanggungan para tukang di Fakultas MIPA yang sebenarnya saat ini sedang giat memperbaiki sarana prasarana dan gedung perkuliahan diantaranya pembangunan Lantai 3 di Gedung C12,  pembangunan GreenHouse jurusan Biologi, dan pembuatan waduk penampung air di depan masjid Unesa. Sekarang ditambah perbaikan Kantor PSMS Unesa yang terbakar

Kantor Dekanat FMIPA Unesa sebelum terbakar
Puing-Puing Bangunan sisa kebakaran

Untuk semua civitas akademika FMIPA Unesa, kejadian ini adalah cobaan. Mari bersama kita lalui cobaan ini dengan menyingsingkan lengan baju untuk bangkit. Bukankah selalu ada pengalaman dan hikmah tersembunyi dari setiap cobaan hidup yang kita alami. Tetap Semangat dan Berkarya warga FMIPA Unesa!!


Semoga bermanfaat,

0 komentar:

Posting Komentar

Hello Kawan!
Terima kasih atas kunjungannya ke halaman ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kawan semua.
Sebagai bentuk apresiasi, anda dapat meninggalkan komentar, saran atau pertanyaan
Terima kasih...