Kamis, 12 Juli 2012

Kartun Indonesia vs Anime Jepang & Animasi Internasional Lain

Masih ingatkah kalian dengan apa yang kalian tonton ketika masa kecil dulu? saya sangat yakin jawabannya film kartun. Kartun/anime/animasi memang tidak bisa lepas dari dunia anak-anak. Namun sekarang dengan perkembangan jaman film kartun tdak hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja, orang dewasa juga banyak yang masih menyukai genre ini. Bahkan di Jepang, yang terkenal dengan negeri anime berasal, terdapat tingkatan batasan umur pada setiap anime yang diproduksi. Mulai yang untuk anak-anak, remaja, 17+, dan dewasa pun ada.

Di Indonesia sendiri, kartun/anime cenderung masih dianggap sebagai tontonan anak-anak. Sehingga lembaga sensor TV seringkali melarang menayangkan acara kartun yang dianggap mulai menunjukkan adegan kekerasan dan sensualitas. Humh... memang sih apa yang ditonton anak sekarang dengan jamanku dulu beda. Lebih jelasnya berikut ini kartun/anime yang sempat jadi favoritku dan adek berdasarkan negara asalanya (dulu dan sekarang).

#INDONESIA

Sejujurnya aku jarang melihat kartun buatan dalam negeri, uhm jika dingat-ingat cuma ada beberapa yang masih berkesan hingga saat ini.


1. Dongeng untuk Aku dan Kau


Mungkin banyak yang ga ingat dengan kumpulan cerita dongeng Dancow. yah, dulu produk susu tersebut sering nayangin cerita rakyat Indonesia sebagai hadiah kalo beli susu itu. Salah satu yang berkesan itu cerita "Kenapa Anjing tak Bertanduk" dan "Pangeran Palasara". hehehe.... 

2. Grammar SuroBoyo (Si Ikin-GathotKaca Studio) all series


Kalo SuroBoyo seh siapapun yang rajin ke internet pasti pernah nonton animasi buatan arek Suroboyo ini. Meskipun kisah persahabatan Suro (buaya) dan Boyo (Ikan hiu) ini dipenuhi kata-kata kotor khas dialek Suroboyoan, tapi pesan moral tentang kesetiakawanan dan kampanye pelestarian budaya Surabaya mengena banget. Ga lupa dengan gaya guyonan Suro dan Boyo yang kocak abis aseli bikin ngakak guling-guling...

3. Dufan Defender

Dufan Defender mungkin tidak terlalu terkenal bagi kebanyakan orang, untuk diketahui saja Dufan Defender ini merupakan film yang dibuat dalam rangka promosi Dunia Fantasi Ancol (DUFAN) dan baru-baru ini tayang tiap minggu pagi di TV Indosiar. Kebetulan adek sepupuku suka liat film ini.




4. Menggapai Bintang (Depdiknas)
Menggapai Bintang juga kesukaan adekku, beberapa bulan lalu bolak balik tayang di MNC TV dan GlobalTV setiap hari jam 8an. Bercerita tentang kehidupan sehari-hari sekelompok siswa SMP yang bertemu dengan robot yang bisa membawanya kemanapun mereka ingin. Animasi milik Depdiknas ini tentu saja penuh dengan unsur pendidikan, namun jadinya mungkin sedikit membosankan.






5. Petualangan PadlePop Series
Beli es krim PadlePop 5 jika ingin memiliki DVD Petualangan PadlePop, itu kata adek sepupuku yang hobi banget koleksi animasi ini. Inti ceritanya tentang petualangan PadlePop Lion yang berusaha menjaga kerajaannya dari serangan Shadow Master. Sudah ada beberapa seri yang diluncurkan, dan aku dengan senang hati selalu menerima pembagian es krimnya. hihihi.... 



#JEPANG

Sebagai negeri asal muasal anime, ga keitung sudah berapa anime yang pernah jadi favoritku dulu sampe sekarang. Kalo dulu, Doraemon, Detectiv Conan, Dragon Ball, CardCaptor Sakura, Hamtaro, Digimon, Inuyasha, Captain Tsubasa dan Shinchan selalu ditunggu tiap harinya nongol di tv.

Sekarang pas udah gede dan bisa download fim sendiri, punya koleksi anime bejibun sampe bingung mana yang jadi favorit. Tapi kalo harus nyebutin yang paling favorit sih, Fairytail, One Piece, K-ON, Angel Beats, Amagami SS, Clannad, dan Pokemon. Maaf, pecinta Naruto dan Bleach, karena ceritanya yang panjang dan ga selesai-selesai masalahnya, jadi bosen lama-lama. Selain itu aku juga merekomendasikan Highschool of The Dead, Another, Baka to test dan SteinsGate. Inti ceritanya silakan download dulu ga bakal nyesel kok.


#MALAYSIA

Yang aku ingat cuma satu film yang ga disangka sempet jadi idola di Indonesia. Yah bener, Upin&Ipin itu cuma satu0satunya film buatan Malaysia yang nyasar ke Indonesia disiarin di MNC TV buat ngisi waktu Ramadhan tahun lalu. Animasi Indonesia jadi sedikit kalah pamor dengan serial ini. hiks.. hiks.. kenyataan menyakitkan...



#INDIA

Yang ini aku ga yakin benar ga nya, tapi dari segi cerita kemungkinan serial animasi Krishna itu berasal dari India. Teman seperjuangan Upin&Ipin menggeser animasi Indonesia, sama-sama juga ditayangkan di MNC TV tahun lalu..









#AMERIKA-HOLLYWOOD

Sengaja aku gabungin jenis kartun buatan amerika dan negara barat lain dalam kategori ini. Yang paling dominan sih animasi-animasi buatan Disney-Pixar, Nickelodeon dan Matle. Dari berbagai buatan Walt Disney dan Pixar yang selalu jadi box office di bioskop, favoritku jatuh pada Pinguin Madagascar, FindingNemo, dan Cars. Kalo milik Nickelodeon aku pilih Spongebob Squarepants dan Avatar Aang. Selain itu yang paling aku suka dan sampe sekarang belum bosen aklo liat cerita Barbie semua seri milik matle. Mungkin ada juga diantara kalian yang senang liat, Oscar si kadal dan Shaun The Sheep 

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya sih sepertinya meski udah dewasa kartun bisa tetap jadi pilihan hiburan

      Hapus

Hello Kawan!
Terima kasih atas kunjungannya ke halaman ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kawan semua.
Sebagai bentuk apresiasi, anda dapat meninggalkan komentar, saran atau pertanyaan
Terima kasih...