Jumat, 30 September 2011

7 Rahasia Angka 5 (Lima)

Tentunya anda sangat mengenal angka ini. Dulu di waktu kecil kita diajarkan untuk berhitung satu sampai lima, namun tahukah anda bahwa ada berbagai hal di kehidupan sehari-hari yang secara ajaib ternyata berjumlah lima. Gak percaya?? Silakan saja ikuti postingan ini sampai selesai. Saya juga baru menyadarinya setelah mendapatkan kuliah Geofisika kemarin, ternyata eh ternyata.... Penasaran? Lets Check it out!!

1. Jari Jemari Manusia
Kalau yang ini tidak dapat disangkal lagi, anak kecil pun tahu kalau jumlah jari jemari manusia ada 5 untuk setiap anggota gerak kita. Hebatnya Allah SWT menciptakan anggota badan manusia secara sempurna, kedua tangan kita ternyata pas memiliki 5 jari kanan-kiri, kaki pun juga masing-masing memiliki 5 jari-jemari. Semua ini bisa jadi gunanya untuk membantu kita menghitung rahasia-rahasia angka lima lainnya.

2. Lapisan Penyusun Bumi
Berdasarkan materi kuliah yg saya dapat, ternyata bumi berdasarkan lapisan penyusunnya tersusun atas 5 lapisan yakni 
           a.  Atmosfer (Angin / Udara)
           b.  Hidrosfer (Air / Laut)
           c.  Lithosfer (Tanah / Daratan)
           d.  Kriosfer (Energi / Es Kutub)
           e.  Biosfer (Kehidupan manusia, tumbuhan, hewan)

3. Pentagram Manusia
Pernah melihat lukisan pentagram manusia Da Vinci, dari lukisan ini terlihat sekali bahwa tubuh manusia memiliki 5 titik sudut seperti bintang. 1 sudutnya kepala, 2 tangan dan 2 lainnya kaki. seperti bintang yang memiliki 5 sudut. Sekali lagi Allah SWT memberikan bentuk yang indah, seimbang, dan simetris bagi manusia.

4. Rukun Islam
Satu lagi  keistimewaan 5 dalam kehidupan. Dalam agama Islam kita diwajibkan untuk melaksanakan rukun Islam yang jumlahnya 5 sebagai tanda kita seorang muslim berturut-turut Syahadat, Sholat, Shaum (Puasa), Zakat, dan Haji.  

5. Sholat 5 Waktu
Marilah kita bersyukur sebagai umat Rasulullah SAW yang 'hanya' diwajibkan untuk  melaksanakan ibadah sholat 5 waktu dalam sehari semalam. Tidak seperti ummat-ummat nabi terdahulu yang jika beribadah bisa sampai 50 kali dalam sehari. Dan ini mungkin juga satu kebetulan sewaktu saya mengaji dulu, ustad pernah mengajarkan jika kita sholat sehari semalam 5 kali yakni I-sya', S-hubuh, L-uhur (Dzuhur), A-shar, dan M-aghrib maka kita adalah orang ISLAM. Beliau mengakronimkan sholat 5 waktu menjadi kata ISLAM, kok bisa ya.... masyaallah...

6. Pancasila
Filosofi angka 5 juga tersirat pada ideologi bangsa Indonesia lho. 5 rumusan yang diajukan oleh Ir. Soekarno sebagai ideologi bangsa ini yakni Pancasila jelas-jelas terdiri dari lima sila yang menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia.

7. Cerita Pandawa
Siapa yang tidak kenal dengan kisah 5 bersaudara dalam cerita pewayangan mahabharata ini? Kelima laki-laki ini mewakili beberapa watak dan gambaran pribadi manusia yang arif dan patut dijadikan suri tauladan kehidupan. Pernah saya berfikir kenapa harus ceritanya ada 5 orang lawan ratusan orang keluarga kurawa? Kenapa ga 7 atau 11 gitu kaya kesebelasan sepak bola heheheeee... 

8. Ajaran Moh 5
Last but no at least, Salah satu tokoh wali songo, Sunan Ampel dalam mensyiarkan agama Islam di Pulau Jawa terkenal dengan ajaran MOH 5 yakni Moh Maen (judi), Moh Mabok (mabuk-mabukan), Moh Maling (mencuri), Moh Madat (menghisap candu) dan Moh madon (zina). Moh limo adalah filosofi Jawa yang mengajarkan kepada kita kearifan dan kebijaksanaan dalam hidup sekaligus dapat menuntun kita untuk mencapai hidup dengan kemadanian masyarakat. Moh Limo memiliki pesan moral dan sosial yang tinggi dan tetap bisa diaplikasikan di masa modern ini. Walaupun filosofi ini sudah ada sebelum kita lahir, namun filosofi ini tetap bisa kita jadikan acuan dalam berperilaku sosial di masyarakat sekarang.

1 komentar:

Hello Kawan!
Terima kasih atas kunjungannya ke halaman ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kawan semua.
Sebagai bentuk apresiasi, anda dapat meninggalkan komentar, saran atau pertanyaan
Terima kasih...