Senin, 15 Agustus 2011

Meriahnya Malam Peringatan Hari Pramuka di SMPN 1 Sumberrejo

Meriah! mungkin inilah kata yang tepat untuk melukiskan suasana upacara peringatan hari pramuka di SMPN 1 Sumberrejo tanggal 14 Agustus 2011 kemarin. Upacara peringatan hari Pramuka kali ini berbeda dari upacara kepramukaan biasanya, sebab untuk pertama kalinya apel peringatan hari Pramuka dilaksanakan pada malam hari, tepat tengah malam saat pergantian tanggal 13 ke tanggal 14 Agustus.
"Ini merupakan suatu hal yang luar biasa, mungkin tidak ada yang pernah melakukan apel pramuka di tengah malam. Bisa jadi SMPN 1 Sumberrejolah yang pertama kali," sambutan dari koordinator acara.

Apel tengah malam dalam rangka peringatan Hari Pramuka 14 Agustus merupakan salah satu rangkaian utama kegiatan PERSAMI kelas VII SMPN 1 Sumberrejo. Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi sebagai penanda pelantikan siswa kelas VII telah masuk dalam Gudep 08071 (putra) dan 08072 (putri).

Nuansa religi bulan Ramadhan semakin menambah semangat panitia. Rangkaian acara hari itu dimulai dengan Buka Puasa bersama dan dilanjutkan Renungan Malam Ramadhan. Sambil menunggu pukul 00.00 WIB tanggal 14 Agustus, para siswa dihibur dengan film Laskar Pemimpi, sebuah film kocak namun sarat pendidikan dan nilai-nilai perjuangan bangsa Indonesia. Dan tepatnya pukul 00.47 WIB, Malam puncak upacara peringatan hari Pramuka pun dimulai. Upacara berjalan dengan hikmat, dalam terang sinar purnama petugas melafalkan UUD 1945, Pancasila dan Dasa Dharma Pramuka versi bilingual (Indonesia-Inggris) dengan lantangnya. Dasa Dharma bilingual ini merupakan ciri khas dan kebanggaan Pramuka SMPN 1 Sumberrejo. Momen penting ini kemudian ditutup oleh pesta kembang api yang meriah. Usai acara, para siswa kemudian diistirahatkan untuk tidur dan persiapan makan sahur.

Kegiatan tidak berhenti disini saja, usai sahur semua siswa berkumpul di Aula untuk melaksanakan sholat berjamaah dan kultum Shubuh. Acara lalu berlanjut pada pemberian materi kepramukaan diantaranya sejarah pramuka, semaphore, tali temali, kode kehormatan dan lain-lain hingga siang hari. Dan seusai sholat Dhuhur, siswa kembali diistirahatkan sambil menunggu upacara penutupan. Sekitar pukul 14.30 WIB, rangkaian acara PERSAMI SMPN 1 Sumberrejo resmi ditutup.

Salam Pramuka!!

0 komentar:

Posting Komentar

Hello Kawan!
Terima kasih atas kunjungannya ke halaman ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kawan semua.
Sebagai bentuk apresiasi, anda dapat meninggalkan komentar, saran atau pertanyaan
Terima kasih...